No Rekening: Bank Syariah Mandiri 6000 1 6000 6

Cegah Nyeri Haid Dengan Gaya Hidup Sehat

Haid memang kodrat setiap perempuan. Tapi ketika mengalaminya, beberapa diantara mereka tidak bisa menerima resikonya. Haid merupakan proses alami sebagai akibat tidak adanya proses pembuahan dalam Rahim, sehingga muncullah rasa sakit yang sangat menyiksa.

Nyeri saat haid terkadang menjadi permasalahan karena aktifitas sehari-hari terganggu gara-gara nyeri yang hebat. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Pola hidup yang sehat adalah cara pencegahan terbaik munculnya nyeri haid. Seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, istirahat cukup dan olahraga teratur. Makanan dikatakan sehat apabila terdapat kandungan gizi yang cukup untuk tubuh. Nyeri haid bisa muncul karena kondisi tubuh yang kurang fit misalnya stres. Oleh karena itu, istirahat yang teratur adalah saran yang tepat.

Keadaan tubuh yang fit sangat diperlukan agar terhindar dari penyakit. Olahraga yang teratur menjadi salah satu langkah utama. Olahraga apapun bisa dilakukan yang terpenting adalah rutin. Sebaiknya olah raga tidak hanya dilakukan seminggu menjelang haid saja, tetapi sudah menjadi kegiatan rutin yang dikerjakan secara teratur.

Jika nyeri haid tak dapat ditolerasi, boleh mengkonsumsi obat anti nyeri. Khusus untuk penggunaan obat pereda nyeri ini, kita harus mengetahui kandungan zat yang terdapat dalam obat yang dijual di pasaran. Apapun nama obatnya yang terpenting adalah terdapat kandungan Asam mefenamat didalamnya.

Ada kalanya kita harus waspada terhadap sakit perut berlebihan saat menstruasi. Beberapa tanda yang harus diwaspadai adalah saat nyeri tersebut bertambah hebat dan mengakibatkan rasa kesakitan yang luar biasa.

Sakit perut saat menstruasi yang berlebihan kadang kala merupakan pertanda datangnya suatu penyakit yang baru diketahui kemudian. Beberapa penyakit yang ditandai dengan sakit perut saat menstruasi antara lain kista dan endometriosis.

Jika endometriosis terjadi, saat menjelang menstruasi lapisan dinding rahim yang menebal akan terasa sakit luar biasa. Endometriosis juga dapat berpengaruh pada kesuburan seseorang wanita.

Menimbang dari efek yang akan timbul dari seringnya nyeri haid ini, alangkah baiknya bila nyeri muncul dan tak kunjung sembuh bahkan malah parah, segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, efek berbahaya pun bisa diatasi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para donatur Kotakamal Indonesia

dr. Didi Darmahadi Dewanto SpOG (www.husadautamahospital.com)


0 Comments

Tinggalkan Komentar


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode